Pages

Computer Audit

Pemeriksaan oleh Kantor Akuntan Publik terhadap suatu perusahaan yang memproses data akuntansinya dengan menggunakan EDP (Electronic Data Processing) System.

Jadi, dalam hal ini kantor akutan publik melakukan audit terhadap suatu klien atas pemprosesan data secara komputerisasi untuk memastikan apakah pemrosesan data tersebut sudah sesuai dengan yang sebenarnya.

Ada dua metode yang biada dilakukan oleh auditor dalam mengaudit EDP:

Dalam hal ini auditor hanya memeriksa input dan output dari EDP system tanpa melakukan test terhadap proses dalam EDP system tersebut.

Dalam metode yang kedua ini auditor bukan hanya memeriksa input dan output saja, auditor juga mentest proses EDP-nya. Penjelasan tersebut (merupakan compliance test) dilakukan dengan menggunakan Generalized Audit Software dan memasukkan dummy data (data palsu) untuk mengetahui apakah data tersebut diproses sesuai dengan system yang seharusnya.

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.