Pages

Perbedaan Auditing Dengan Akuntansi


Mayoritas pengguna laporan keuangan serta para anggota masyarakat sering mengalami kekeliruan dalam membedakan auditing dengan akuntansi. Kebingungan tersebut timbul karena mayoritas praktek auditing umumnya berkaitan dengan informasi akuntansi, serta kebanyakan auditor memiliki keahlian yang berkaitan dengan permasalahan akuntansi.

Perbedaan antara auditing dengan akuntansi dapat dilihat dari gambar berikut:

Jadi, auditing mempunyai sifat analisis, karena akuntan public memulai pemeriksaan mulai dari angka-angka yang terdapat dalam laporan keuangan, yang kemudian nanti akan dicocokkan dengan neraca saldo (trial balance), buku besar (general ledger), buku harian (special journal), bukti-bukti pembukuan (documents), sub buku besar (sub-ledger). Sedagkan akuntansi bersifat konstruktif, dikatakan demikian karena disusun mulai dari bukti-bukti pembukuan, buku harian, buku besar, dan sub buku besar, neraca saldo sampai dengan laporan keuangan. Akuntansi disusun oleh pegawai perusahaan dengan berpedoman pada SAK (Standar Akuntansi Keuangan) sedangkan Auditing dilakukan oleh Akuntan Publik dengan berpedoman pada SPAP (Standar Profesi Akuntan Publik, aturan Etika IAI Kompartemen Akuntan Publik dan Standar Pengendalian Mutu.

Untuk mendownload full document perbedaan auditing dengan akuntansi dapat di download dengan mengklik link dibawah ini
Click Here

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.