Pages

ANALISIS PEMILIHAN INVESTASI SAHAM YANG OPTIMAL PADA INDEKS LQ45 YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA


Akhiruddin
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma
Jl. Margonda Raya No.100 Depok 16423
ABSTRAK
Pada hakikatnya investasi merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dimasa mendatang. Dalam investasi saham tidak akan terlepas dari risiko dan return, Apabila investor ingin melakukan investasi saham, investor harus mepertibangkan tingkat keuntungan yanga akan diperoleh dan besarnya tingkat risiko yang akan ditanggung oleh investor. Selain itu dalam investasi terdapat hal yang sangat penting yakni pengambilan keputusan, keputusan investasi menyangkut masalah pengelolaan dana pada suatu priode tertentu dimana investor mempunyai harapan untuk memperoleh keuntungan dari dana yang diinvestasikan selama priode waktu tertentu. Sebelum mengambil keputusan investasi, investor perlu membandingkan antara tingkat risiko dengan return dimana hal ini yang anantinya akan dijadikan acuan untuk memilih saham yang memberikan keuntungan yang optimal.
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis, dapat ditarik kesimpulan bahwa dari 45 sekuritas yang tergabung dalam indeks LQ4, terdapat 5 sekuritas yang memberikan keuntungan yang optimal dengan tingkat keuntungan dan risiko tertentu. Diantara sekuritas tersebut antara lain: PT Gudang Garam Tbk dengan tingkat risiko 0.1655892 dan mampu memberikan keuntungan Rp. 0.054983 per lembar saham, PT Unilever Indonesia Tbk dengan tingkat risiko 0.0750798 dan tingkat keuntungan 0.035204 per lembar saham, PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk dengan tingkat risiko 0.1612095 dan tingkat keuntungan 0.038661 per lembar saham, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk dengan tingkat risiko 0.3494790 dan tingkat keuntungan 0.070830 per lembar saham, PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk dengan tingkat risiko 0.3494790 dan memberikan keuntungan sebesar 0.036965 per lembar saham.
Kata Kunci: investasi, saham, indeks LQ45


to view full page click link above to download






akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.