Pages

Saudi Arabia ikut Blokir Facebook

Baru saja saya membaca berita online di okezone.com. diberita yang say abaca tersebut mengatakan bahwa Saudi Arabia telah memblokir facebook sejak Sabtu (13/11). Pemblokiran ini dilakukan atas dasar moral, karena arab Saudi menilai bahwa facebook sudah melewati ambang batas nilai-nilai konservatif yang diterapkan di Negara tersebut.

Akibat dari pemblokiran ini, setiap masyarakat dari Negara tersebut mengakses situs tersebut akan muncul tulisan “error”. Pemblokiran ini juga sudah dilakukan di Negara Pakistan dan Bangladesh, Indonesia juga sempat akan memblokir situs facebook karena banyak sekali kejahatan yang terjadi yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan melalu situs ini, mulai dari penipuan dan masih banyak lagi tindak kejahatan lainnya.

Memang situs ini memiliki sisi positif dan negative, jika kita lihat sisi positifnya kita juga sudah bias merasakannya, mulai dari bias berteman dengan teman-teman baru, bertemu dengan teman lama yang sempat lost contact dari kita, dan masih banyak lagi. Dan sisi negatifnya memang sangat merusak, mulai dari penguploadtan foto-foto yang tidak senonoh, penipuan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya hal tersebut dapat minimalisir dengan melakukan filterasi terhadap kontent-kontent yang masuk ke dalam facebook itu sendiri. Memang ini akan sangat sulit diterapkan karena perbedaan nilai-nilai yang berlaku di setiap negara berbeda-beda. Namun hal ini pasti bias dilakukan demi menjaga moral dan sikap generasi penerus.

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.