Pages

3 Jenis Program Affiliasi

Ada tiga jenis program affiliasi yang kita kenal, berikut ini diberikan penjelasan dari masing-masing program:

  • Pay per sale (PPS). Pay per sale atau dibayar per penjualan merupakan program affiliate yang memberikan komisi kepada affiliater yang berhasil melakukan transaksi penjualan produk melalui rekomendasi/link affiliate-nya. Besarnya komisi pada program ini biasanya berupa prosentase atau berdasar nominal tertentu an jumlahnya biasanya cukup besar. Contoh panduandasar.com, cafebisnis.com, panduan komplit.com
  • Pay per lead (PPL), Pay per lead merupakan program affiliate yang memberi komisi apabila ada member baru yang mendaftar/mengisi form kontak melalui link affiliate anda. Contoh: paypalwish list. Biasanya komisi yang diberikan tidak terlalu besar, tapi program ini lebih mudah karena hanya mengajak pengunjung mengisi form isian member atau mencoba produk secara gratis. Program affiliate lokal yang juga menerapkan pay per lead ini adalah cafebisnis.com.
  • Pay per click (PPC) merupakan program affiliate yang memberi komisi kepada affiliaternya untuk setiap klik iklan yang di lakukan pengunjung di situs/blog affiliater. Iklan yang muncul bisa berupa banner atau teks. Biasanya komisi yang di dapat dari klik iklan tersebut jumlahnya tergolong kecil, namun peluang untuk mendapatkan penghasilan cukup besar seirang dengan banyaknya pengunjung yang mengklik iklan tersebut tanpa ada syarat pembelian. Contoh: google adsense, kumpulblogger, chitika, kliksaya dll

    Menurut dari ketiga jenis program affiliasi ini yang paling menguntungkan adalah pay per click, karena kita dapat menambahkan iklan ke dalam web kita dan dibayar sesuai dengan per klik iklan yang ada di web kita.

      Sumber: diolah dari berbagai sumber

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.