Pages

IT Governance (Tata Kelola Teknologi Informasi)

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat berkembang pesat hamper seluruh sektor menggunakan IT dalam menyelesaikan pekerjaannya, tentunya IT juga tidak terlepas dari kesalahan dan bahkan bisa berakibat fatal jika penerapannya tidak dikontrol secara benar dan baik dan sebaliknya akan memberikan manfaat yang besar jika pengimplemetasian IT ini dikelola dengan sebaik mungkin.

IT Governance itu sendiri merupakan disiplin dari tata kelola perusahaan yang berfokus pada teknologi informasi (IT), kinerja dan manajemen risiko. Seiring dengan penerapan teknologi informasi diberbagai perusahaan, minat terhadap tata kelola IT semakin berkembang dengan hadirnya para Auditor Teknologi Informasi.

Bagaimana Auditro Teknologi Informasi melakukan audit atas tata kelola IT, ada beberapa karangkan atau framework yang digunakan untuk mendukung tata kelola teknologi informasi, beberapa diantaranya:
  1. ISO / IEC 38500 tata kelola perusahaan teknologi informasi dan komunikasi
  2. COBIT Pengendalian bagi informasi dan teknologi terkait, dimana COBIT dianggap sebagai tata kelola IT terkemuka dan karangka control.
  3. ITIL, karangka kerja tinggi berkaitan dengan informasi tentang bagaimana cara mencapai keberhasilan pengelolaan operasional teknologi informasi.


Dan masih banyak lagi framework lainnya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap tata kelola teknologi informasi. Bila ingin digambarkan, seperti dibawah inilah keterkaitan antara framework yang satu dengan framework lainnya untuk pengelolaan teknologi informasi.



Gambar tersebut dapat menjelaskan dimana seorang auditor teknologi informasi berperan untuk mengeluarkan opininya terhadapat pengelolaan teknologi informasi apakah sudah dapat menjamin data atau informasi perusahaan, dan masih banyak lagi.

Diolah dari: 

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.