Pages

Pengambilan Keputusan Industri Maju

Pengambilan keputusan dalam investasi manufaktur maju sangatlah perlu diperhatikan berdasarkan perhitungan atau dengan melihat prospek dari investasi tersebut. Ini merupakan kasus dalam pengambilan keputusan dalam manufaktur maju.

PT SASUKE merupakan suatu organisasi yang didesentralisasi dengan 6 divisi otonom, divisi dievaluasi atas dasar tingkat pengembalian yang mampu diperolehnya atas aktiva yang diinvestasikan dengan bonus akhir tahun diberikan kepada manajer divisional yang mempunyai ROI tertinggi. Hasil operasi divisi kulkas untuk tahun terakhir sebagai berikut:
Penjualan                                                                         Rp. 7.500.000
Biaya variable                                                                  Rp. 4.500.000
Margin Kontribusi                                                            Rp. 3.000.000
Biaya Tetap                                                                     Rp. 2.400.000
Hail Operasi Netto                                                           Rp.    600.000
Aktiva Operasional divisional                                            Rp. 3.000.000

ROI keseluruhan divisi perusahaan untuk tahun terakhir adalah 14% (dengan pertimbangan seluruh divisi), divisi kulkas berkesempatan meambah lini produksi baru yang akan memerlukan tambahan investasi aktiva operasi Rp. 750.000, dimana Harga pokok dan pendapatan lini produk baru seperti dibwah ini:
Penjualan                                                                            Rp. 1.500.000
Biaya variable                                                                    60% dari penjualan
Biaya Tetap                                                                         Rp. 480.000

Diminta:
  •  Jika anda sebagai manajer divisi kulkas, apakah saudara akan menyetujui atau menolak lini produk baru ini? Jelaskan dengan perhitungan dan analisis!
  • Misalkan bahwa perusahaan memandang tingkat pengembalian 10% ata investasi aktiva sebagai tingkat pengembalian minimum yang seharusnya diperoleh divisi dan prestasi pelaksanaan dievaluasi dengan pendekatan hasil sisa. Dengan demikian apakah saudara akan menerima atau meolak lini produk baru ini? Jelaskan dengan perhitungan dan analisis
Jawaban:

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.