Pages

Bahan Kimia Berbahaya yang Terdapat Pada Rokok

Artikel kali ini menurut saya sangat menarik sekali untuk ditulis, mengapa? Karena sampai saat ini kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok belum juga dapat disadari oleh mereka. Saya juga bingung, sampai anak-anak yang bisa dibilang masih dibawah umur sudah ikut-ikutan mengkonsumsi barang yang mematikan ini, katanya sih kalo zaman sekarang tidak meroka dibilang “KUPER” atau juga bagi laki-laki bisa dibilang “Tidak Gentel”. Itu merupakan sebagai pendapat yang mereka lontarkan, kadang kita hanya berfikir apa mereka tidak sadar bawhwa yang mereka konsumsi adalah barang yang bisa merusak organ dari tubuh mereka yang di anugerahkan tuhan kepada mereka bahkan dapat mematikan mereka.

Ketika saya membaca artikel dari Klinik Dokter, saya merasa perlu menuliskan ulang dan menyebar luaskan artikel ini untuk memberikan pemahaman dan bisa meninggalkan rokok, karena rokok bukan hanya berbahaya pada yang mengkonsumsi saja tapi juga lingkungan yang menghirup asap dari rokok tersebut.

Berikut ini merupakan bahan kimia yang terdapat didalam rokok:
  1. Benzena -> merupakan bahan yang digunakan sebagai bahan tambahan dan pelarut dalam bahan bakar, yang dapat menyebabkan leukemia.
  2. Formaldehida -> marupakan bahan aktif yang digunakan untuk mengawetkan mayat (formalin), yang dapat menyebabkan kanker, masalah pernapasan, saluran pencernaan dan kulit.
  3. Ammonia -> merupakan bahan yang digunakan atau sering dijumpai pada cairan pembersih toilet.
  4. Aseton -> merupakan cairan pembersih cat kuku.
  5. Tar -> merupakan bahan yang digunakan sebagai bahan pelapis dan pencampur aspal untuk jalanan.
  6. Nikotin -> merupakan cairan yang sering ditemukan pada cairan insektisida, yang digunakan untuk dapat menyebabkan kecanduan.
  7. Karbon monoksida -> marupakan gas yang sama yang keluar dari hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor.
  8. Arsen -> bahan yang terdapat pada racun tikus.
  9. Hidrogen Sianida -> bahan yang biasa digunakan sebagai gas untuk hukuman mati.
  10. Cadmium -> bahan yang terdapat pada baterai.
  11. Metanol -> bahan aktif yang biasa digunakan pada bahan bakar pesawat terbang.

Itu merupakan bahan atau zat kimia yang terdapat pada rokok, sekarang tinggal keputusan pada diri anda, apakah anda rela menyakiti diri anda sendiri dan tidak mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan YME, atau menghentikan konsumsi anda terhadap barang berbahaya tersebut. Masih banyak hal yang bisa anda lakukan selain membuang uang anda dengan membeli barang tersebut, misalnya lebih baik anda sumbangkan uang tersebut kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Hal itu jauh lebih bermanfaat dari pada anda merusak diri anda sendiri dengan uang anda sendiri pula.

Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya..

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.