Pages

8 Kunci Sikap Positif untuk Mencapai Sukses


Pernahkan Anda bertanya, mengapa karier seseorang bisa melesat cepat menuju posisi puncak sementara karier orang lain tetap bertahan di posisi bawah? Umumnya orang berpikir bahwa otak cerdas, bakat, serta koneksi merupakan kunci untuk meraih kesuksesan. Namun, ada satu hal penting lain yang terlupakan: sikap.

Dr. Martin Seligma, seorang psikolog dan pakar optimisme di Amerika Serikat, menemukan bahwa sikap atau tingkah laku seseorang, merupakan penentu kesuksesan yang lebih berpengaruh daripada I.Q.,pendidikan, serta berbagai faktor lain.

Ia menemukan, orang-orang yang bersikap positif tetap sehat, memiliki hubungan yang lebih baik, dan maju dalam bidang karier. Seligman bahkan menemukan, orang-orang yang bersikap positif juga menghasilkan lebih banyak uang.

Ada beberapa yang harus dipenuhi untuk mejadikan kita sebagai pekerja yang sukses nantinya, karena sikap yang tepat dapat membuat banyak perbedaan dalam karier siapa pun, berikut ini adalah 8 sikap yang perlu kita tiru untuk menggapai sukses:


1. Bertanggung jawab atas nasib sendiri
Jika Anda menghabiskan seluruh perjalanan karier untuk menunggu sesuatu yang menarik datang menghampiri, maka Anda hanya buang-buang waktu. Profesional yang sukses tidak berdiam diri dan menanti. Mereka keluar dari cangkangnya dan membuat hal-hal yang baik terjadi. Jadi, libatkan diri untuk menentukan arah karier dalam cara baru yang sama sekali berbeda. Anda akan berhasil sampai di puncak, dan Anda bertanggung jawab untuk membuat itu terjadi.

2. Apa pun mungkin terjadi
Jika Anda berpikir tidak mungkin bisa menduduki posisi wakil presiden perusahaan, maka tentu saja Anda tidak akan pernah bisa mencapainya. Ingat, jika Anda berpikir tidak bisa, maka Anda mungkin tidak akan mampu melakukannya. Sikap yang tepat adalah memiliki optimisme bahwa Anda bisa mencapai hal yang dimau, dan apa pun mungkin terjadi.

3. Bersungguh-sungguh dalam setiap pekerjaan
Anda tidak pernah tahu kapan akan diperhatikan. Itulah salah satu alasan mengapa Anda harus merasa bangga dalam melakukan apa pun pekerjaan Anda. Semangat, kerja keras, serta perhatian terhadap detail pekerjaan yang ditangani, akan membuat potensi Anda dikenali. Ingat-ingatlah hal ini setiap kali Anda merasa ogah-ogahan mengerjakan tugas yang terlihat sepele.

4. Setiap orang adalah kontak kunci potensial
Bersikap baiklah terhadap setiap orang di tempat kerja. Tidak ada ruginya berlaku sopan terhadap orang-orang di sekitar Anda. Sebab, Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan memainkan peran di masa depan Anda.

5. Cintai pekerjaan yang dijalani

Jika Anda menghabiskan waktu untuk mengeluh karena merasa tidak cocok melakukan pekerjaan saat ini, maka kinerja Anda akan mengecewakan. Pekerja yang sukses bertindak seolah-olah mereka sedang menjalankan pekerjaan impian mereka, di mana pun mereka berada.

6. Networking itu penting

Profesional yang sukses memahami pentingnya jaringan, baik di dalam mau pun di luar kantor. Anda perlu proaktif menjalin kontak profesional. Ajak rekan makan siang atau bergabung untuk hang out setelah jam bekerja usai. Bergabunglah dengan asosiasi profesional guna membangun jalur jaringan untuk masa depan Anda.

7. Jangan pernah puas, cari peluang baru
Karena Anda bertanggung jawab atas nasib sendiri, sudah menjadi tugas Anda untuk mencari cara guna meningkatkan profesionalitas. Tawarkan diri untuk mengerjakan proyek tambahan, pelajari keterampilan baru yang menambah nilai Anda, atau sesekali lembur untuk membantu rekan kerja. Profesional yang sukses tidak hanya menyelesaikan pekerjaannya lalu kabur. Mereka mencari cara-cara tambahan untuk membuat dirinya dikenali.

8. Kegagalan membantu membuka jalan kesuksesan
Meskipun sejumlah orang terlihat seperti tidak pernah mengalami kemunduran, sebenarnya semua orang pernah gagal dari waktu ke waktu. Perbedaan antara mereka yang sukses dengan mereka yang gagal adalah bagaimana mereka menghadapi kegagalan itu sendiri. Orang-orang sukses adalah mereka yang belajar dari kesalahan dan terus maju.



Sumber: metrotvnews.com

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.