Pages

Inflasi Rendah Memberikan Sentimen Positif Bagi Dunia Investasi

Investor yakin dengan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan yang masih berada dalam level positif pada kuartal II, 2010. Hal ini disebabkan inflasi yang sangat rendah, momen ini dijadikan investor untuk melakukan investasi di pasar saham pada kuartal tersebut.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan terus menurun sejak bulan Januari 2010, inflasi bulan Januari sebesar 0,84% dan pada bulan Februari turun menjadi 0,30%. Pada mulan Maret justru terjadi deflasi yang mencapai 0,14%. Dengan demikian, besaran inflasi kumulatif Januari – Maret 2010 adalah 0,99%, sementara year on year pada bulan Februari 2010 mencapai 3,43%. Hal ini lah yang menjadi pendorong sentimen positif pada dunia investasi untuk melakukan investasi.

Adapun sektor yang menjadi incaran para investor dalam triwulan ini untuk melakukan keputusan investasi antara lain: auto dan suku cadang (26%), informasi dan telekomunikasi (22%), mesin elektrik dan konstruksi (16%) dan jasa keuangan (14%). Hal ini dipicu oleh kinerja IHSG yang sangat baik. Hal ini juga semakin diperkuat dengan kondisi tahun lalu, diman IHSG merupakan salah satu pasar dengan kinerja terbaik di Asia, dan ini dilihat akan meningkat sebanyak 13% di tahun ini.

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.