Pages

Wukuf Di Arafah

Besok adalah puncak dari ibadah haji, semua jemaah haji hari ini bergerak ke arafah untuk melakukan wukuf, dimana kegiatan wukuf adalah kegiatan utama ibadah haji, bila dalam rangkaian ibadah haji ini jamaah tidak dapat melaksanakan wukuf dengan baik, maka tidak sah ibadah hajinya. Para jemaah haji akan melaksanakan ibadah wukuf dengan berdiam diri (dan berdoa) di padang luas di kota Mekkah, Arab Saudi.

Disini masing-masing jamaah haji dipersilahkan untuk mengkondisikan dirinya dan berkonsentrasi kepada Allah SWT dengan melakukan perenungan atas dirinya, apa-apa saja yang dilakukan selama hidupnya, merenungi kebesaran Allah melalui Asmaul Husna-Nya dan merenungi hari akhirat.
Wukuf di arafah ini sagat mengingatkan kita pada Rasulullah, dimana di Arafah inilah Rasulullah menyampaikan khutbahnya yang terkenal dengan nama khutbah wada' atau dalam bahasa Indonesianya khutbah perpisahan. setelah khutbah itu disampaikan oleh Rasulullah tak lama kemudian beliaupun akhirnya wafat.

Disinilah puncak ibadah haji, dimana semua jemaah haji saling memanjatkan do'anya dan memohon ampunan kepada Allah SWT atas semua kehilapannya di dunia, disinilah tempat yang amat sangat makbul untuk berdoa, karena pada hari itu, Allah SWT amat sangat senang sekali jika hambanya berdoa kepada-Nya, dan ia akan mengabulkan semau doa mereka disana sebagaimana terdapat dalam beberapa hadist.

akhiruddin lubis

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.